Fashion

Cara Menanam Semangka Bagi Pemula

Media O.A - Anda tentunya sudah sering memakan buah semangka, buah yang sangat segar dan juga kaya vitamin itu memang sudah menjadi favorit banyak orang dikarenakan kesegarannya. Cara menanam  buah semangka tidak sulit, asalkan Anda rajin, pasti tanaman semangka Anda akan mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah.

Untuk itu Anda yang ingin berusaha menambah pendapatan dengan cara menanam buah semangka, hal  ini sebagai peluang yang  teramat sangat menjanjikan. Karena, permintaan pasar terhadap buah semangka tergolong masih sangat tinggi, jadi peluang Anda untuk menjual hasil panen buah semangka masih sangatlah terbuka dengan lebar.

Cara menanam semangka bagi pemula

Langkah-langkah Cara Menanam Semangka

Sebelum Anda mengetahui cara cara menanam semangka, ada baiknya jika Anda menentukan dahulu posisi lahan yang sesuai agar tanaman semangka Anda bisa tumbuh maksimal seperti dengan keinginan Anda tentunya. Berikut  ini yaitu langkah-langkah cara menanam buah semangka yang baik dan benar :

A. Menentukan Lahan
Langkah pertama adalah cara menanam buah semangka yang baik tidak terlepas dari memilih posisi tanah yang akan dipakai untuk media tanam tanaman semangka Anda. untuk tanaman buah semangka itu bisa tumbuh baik di dataran tinggi maupun dataran rendah yakni berkisar antara 0 –1000  meter diatas permukaan laut.

Sebaiknya tanah yang akan dipakai untuk menanam buah semangka harus mengandung unsur unsur hara yang banyak untuk kebutuhan nutrisi tanaman buah semangka Anda tentunya.

Selain itu, PH tanah sebaiknya netral berkisar antara 5 - 7 . jika tanah Anda terlalu asam, Anda bisa melakukan pengapuran untuk menetralisir kadar asam tanah denga cara memberi kapur doloit dengan dosisi 1 ton / hektar tanah. Cara menanam buah semangka dengan cara yang tepat sangatlah penting yaitu memperhatikan keasaman tanah.

Begitu setelah tanah ditentukan,  cara menanam buah semangka selanjutnya yaitu mencangkul atau membajak tanah tersebut agar tanah menjadi gembur dan sekaligus agar membersihkan gulam dan rumput liar yang berada di sekitar tanah atau lahan tersebut.

Setelah tanah telah cukup gembur, bikinlah bedengan dengan ukuran L:200cm, T:40 cm, serta panjang disesuaikan dengan kondisi tanah . Buatlah juga jarak antara bedengan yang bisa difungsikan sebagai drainase tanah dengan jarak kurang lebih 100 cm sampai 150 cm tergantung keadaan dan topografi tanah.

Cara menanam semangka berikutnya adalah membuat lubang tanaman di atas bedengan dengan ukuran 30 cm x 30 cm x 30 cm dan tambahkan pupuk di dalam lubang tanaman tersebut dengan dosise pupuk kandang 4kg, pupuk DS 28 gr, pupuk ZK 20 gr, danpupuk ZA 15 gr.

B. Pembibitan Buah Semangka
Selanjutnya di dalam cara menanam buah semangka adalah mengerjakan pembibitan tanaman buah semangka itu sendiri. Anda senang jenis  buah semangka tanpa biji,  maka carilah bibit terbaik dari para petani  buah semangka tanpa biji yang ada di lingkungan Anda. Setelah bibit buah semangka dimiliki, semaikan di dalam polibag dengan media menanam berupa campuran tanah serta pupuk kandang yang sudah matang.

Siramilah terus bibit yang telah disemai tersebut setiap pagi dan sore hari. Sampai tumbuh tunas seperti daun kurang lebih 2 hingga 3 helai daun disetiap bibitnya. Biasanya juga bibit semai siap dipindahkan kedalam media tanam setelah berusia 4 minggu dari awal biji ditanam dalam polybag.

C. Cara Menanam Buah Semangka
Ketika bibit sudah siap untuk ditanam, dan sudah berumur 4 minggu, maka cara menanam  buah semangka selanjutnya yaitu memindahkan bibit itu kedalam tanah yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Sebelum bibit Anda dipindahkan, sebelum itu lubang tanaman di atas bedengan seharusnya dikasih air sampai meresap kedalam tanah,untuk menjaga kelembaban tanah. Cara menanam buah semagka Anda harus pindahkan bibit kedalam lubang tanaman tersebut, serta tutup kembali dengan tanah tipis sampai ujung pangkal bibit buah semangka.

D. Pemiliharaan Tanaman Buah Semangka
Cara menanam buah semangka tidak bisa lepas dari langkah dan cara perawatan yang maksimal agar hasil panen nanti bisa sesuai dengan harapan Anda. beberapa langkah pemeliharaan tanaman buah semangka sebagai berikut:

Anda harus melakukan penyiraman dengan rutin setiap pagi dan sore hari di prioritaskan kalau menginjak musim kemarau. Cara menanam buah semangka yang benar harus memperhatikan kelembaban tanah. Tanaman buah semangka sangat suka tanah lembab agar pertumbuhan tanaman  buah semangka tidak layu dan juga pendek.

Anda harus melakukan proses penyiangan untuk membersihkan tanah dari gulma ataupun rumput pengganggu agar tidak merebut kandungan unsur hara yang semestinya diperuntukkan untuk tanaman  buah semangka tersebut.

Cara menanam  buah semangka berikutnya yaitu memberi pupuk susulan agar kandungan unsur hara tanah tetap terlindungi. Anda harus memberikan pupuk N P K dan pupuk kandang yang sudah difermentasikan. Sebarkanlah pupuk disekitar tanaman  buah semangka dengan jarak dari lubang tanaman kurang lebih 10 cm.

E. Pemanenan Buah Semangka
Untuk pemanenan itu sendiri, setiap petani mempunyai kriteria yang berbeda  beda di setiap daerah. Hal ini  bisa disebabkan karena para petani itu melakukan penyesuaian dengan permintaan pasar. Tapi biasanya buah semangka yang sudah siap  untuk dipanen mempunyai ciri ciri berat buah cukup, daun buah sudah mulai sedikit layu, dan buah semangka berbunyi berat kalau ditepuk menggunakan telapak tangan.

Panen adalah  suatu tahapan paling akhir cara menanam  buah semangka, untuk itu lakukan pemanenan  di pagi hari. Caranya adalah potonglah tangkai buah semangka dengan menggunakan pisau ataupun gunting potong yang tajam, sisakan tangkai kurang lebih 3 – 5 cm dari pangkal buah semangka, selanjutnya tempatkan buah semangka ditempat yang sejuk dan juga tidak ditumpuk.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menanam Semangka Bagi Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel